Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng - Image from id.wikipedia.org

Cireng – Image from id.wikipedia.org

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri? Selamat mencoba.

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, agar cireng tidak keras, tips membuat cireng agar tidak keras, kenapa cireng keras, cara membuat cireng crispy, resep cireng yang lembut, Resep rahasia cireng, cara membuat cireng agar tidak alot, cireng crispy, agar cireng tidak alot, cara membuat cireng lembut, resep cireng lembut, Rahasia Cireng, resep cireng tidak alot, resep cireng agar tidak keras, cara agar tepung terigu tidak cepat lembek pd gorengan, tips cireng tidak keras, cireng keras, jenis jenis cireng, kenapa cireng gk bisa dibentuk, mengatasi cireng yang keras, pengalaman cireng, resep cireng supaya tidak keras, guna santan pada pembuatan cireng, perbandingan aci dan terigu cireng isi, adonan aci dgoreng biar gak lembek gimana, perlukah adonan kulit cireng menggunakan santan, cireng lembut resep, resep cireng gurih, Cireng lembut, cara membuat cireng supaya tidak keras, cara membuat cireng yang tidak alot, cara membuat cireng yg lembut, cireng alot, tips agar cireng tidak keras dan alot, supaya cireng tidak keras, tips agar cireng krispi, tips agar cireng tidak keras, Tips agar cireng tidak lembek saat dingin, rahasia cireng ketia digoreng merekah, tips membuat cireng agar tidak keras saat dingin, tips membuat cireng lembut, resep bikin gorengan aci mabkol yng gurih, perbedaan tepung terigu dan kanji tekstur, rahasia cireng enak, tips membuat cireng supaya tidak alot, rahasia cireng lembut, tips membuat cireng agar tidak, resep adonan cireng yang lembut, resep adonan cireng crispy, Tips cara membuat cimol agar tidak pecah pecah, tips membentuk adonan cireng, resep adonan biar tidak alot, tips membuat cireng, rahasiah bikin cireng yang enak, rahasia resep cireng yang tidak keras, rahasia resep cireng, rahasia dan tips membuat cireng, rahasia cireng renyah lembut, rahasia cara pembuatan cireng, Rahasia bikin cirenG biar krispY apa ya?, perbandingan aci dan tapioka membuat cireng, penyebab cireng isi keras, trik agar cireng mudah dibentuk, trik membuat cireng supaya tidak keras dan alot, www agar cireng tidak alot, www resep agar cireng ga alot, mengapa cireng alot, memilih sagu yang tepat untuk membuat cireng crispy modern, Membuat cireng krispi, membuat cireng agar tidak keras dimakan, trik agar cireng awet, tkaran adonan cireng yg pas, rahasia bikin cireng, rahasia agar cireng dimakannya krispy, rahasia adonan cireng isi agar tidak alot, permasalahan membuat cireng, tipsagarcirengrenyahtidaklembek, perbandingan tepung terigu dan tepung sagu untuk cireng, resep cireng lembut cryspy, perbandingan tapioka dan terigu dalam membuat cireng, perbandingan sagu terigu cireng, tipsdan trik membuat cireng supaya tdk keras dan alot, perbandingan tepung kanji dan terigu saat membuat cireng agar tidak keras, resep cimol agar tidak keras, sebab adonan cireng keras, Resep gorengan supaya tidak cepat alot, resep gorengan dari tepung sagu, resep cireng yang tidak lembek dan berminyak, resep cireng tidak alot saat dingin, Tepung pati yg tidak keras apabila dingin, resep cireng tekstur lembek, Tepung sagu bisa buat adonan cireng tidak, resep cireng tapioka, tepung untuk cireng, resep lepek sagu, resep mbah google, resepmembuatcimolagartidakpecahsaatdigoreng, Resep ysng membuat cireng jadi crispy, resep rahasia gorengan, sulitnya membuat adonan cireng, supaya cireng tdk cepat lemas, resep membuat cireng yang lembut, resep membuat cireng crispy, resep membuat cireng bisa di bentuk, resep membuat cireng biar ga alot, resep cireng sagu aren lebih lembut, tips agar cireng gurih, resep cireng paling enak, resep cireng biar tidak keras, resep cireng biar awet, tips buat cireng empuk kalau dingin tidak keras, resep cireng bedanya pake terigu dan tidak, tips cara bikin cirwng lembut, resep cireng bedanya pake terigu dan tdk pake terigu, tips cara buat cireng krispi, resep cireng agar renyah dan tak alot, resep cireng agar merekah, tips bikin cireng agar tidam, tips bikin cireng agar tak gagal, tips agar cireng jadi crispy, resep cireng mudah, resep cireng merekah, resep cireng lembut gurih, resep cireng isi agar tidak keras, resep cireng enak tidak keras, tips anti gagal buat cireng, resep Cireng enak dan lembut, resep cireng empuk anti gagal, resep cireng agar crispy, Cara membuat cimol biar ga alot, cara bikin cimol biar tidak keras kalau dingin, cara biar cireng tidak keras, cara agar cireng tidak alot, cara agar aci setelah di goreng tidak cepat keras, buat cireng tidak alot, buat cireng biar gak alot, buat cireng agar tidak alot, bntuk adonan cireng, bisa gk bikin cireng pakai sagu, bisa gak bikin cireng paai tepung sagu, Bikin cireng supaya tidak pecah, bikin cireng pakai terigu, cara bikin cireng empuk, cara bikin cireng krispi dan cimol, cara membuat adonan yang tidak mudah pecah dan sangat elastis, cara membuat adonan tepung kanji, cara cireng gurih, cara buat gorengan sagu agar tidak alot, cara buat cireng gak alot, cara buat cireng biar gak lembek, cara buat cireng agar tidak alot saat sudah dingin, cara buat cireng agar sedikit keras setelah di goreng, cara buat cireng agar keras, cara bikin cireng supaya tidak cepat keras, cara bikin cireng supaya gak lepek, cara bikin cireng lembut, biar cireng tidak keras atau alot, biar adonan cireng tidak pecah saat dibentuk, agar cireng tdk mudah alot, agar cireng lembut, agar cireng bisa crispy, agar cireng awet, agar adonan cireng empuk ketika di makan, agar aci tidak alot, agak cireng tidak keras, adonan kanji, adonan gorengan biar rental, adonan cireng melumer kenapa?, adonan cireng isi yang tidak alot, adonan biar ga keras, agar cireng tidak alot saat dingin, agar cireng tidak keras saat dingin, beda kanji dg tapioka pada gorengan, bahan yg digunakan untuk bikin cireng crispy, Bahan adonan cireng yang awet, bagaimana caranya supaya tepung kanji tidak keras, bagaimana caranya agar cireng menjadi keras, bagaimana caranya agar adonan lembek, bagaimana cara membuat cireng yang lembut, bagaimana cara cireng biar crispy, apa penyebab saat menjadi keras dan alot, apa penyebab cireng menjadi alot, agar cireng tidak liat seperti lem, agar cireng tidak lembek saat dingin, adonan aci lembek saat buat cireng, cara membuat cireng agar tidak cepat keras, membuat cimol agar tidak keras, gagal membuat adonan cireng, cra membuat agar agar biar lembut dan keras, cireng yang bisa dibentuk, cireng terlalu molor kenapa ya, cireng supaya tidak terlalu alot, cireng supaya ga alot, cireng pake tepung terigu biar apa ya?, cireng pake tapioka atau sagu, cireng pakai sagu asli, cireng keras pakai apa, cireng keras kenapa, cireng isi gurih, gimana agar cireng tidak keras, gimana caranya biar cireng jd cryspi, membuat adonan agar aci tidak pecah, membuat aci crispy, Kulit cireng pecah, komposisi sagu dengan terigu biar gorengan tidaj alot keras, kenapa adonan cireng jadi keras, kalau adonan cireng keras lalu bagaimana, jenis tepung dan sagu untuk cireng, jenis sagu untuk cireng, gorengan tepung terigu kanji di kuah pecah, goreng cireng ngk pecah, goreng aci supaya krispi, gimana kalau cimol sudah dingin apa gak keras, cireng gurih nggak alot, cireng ga alot, cara membuat cireng yang lembut dimakan, cara membuat cireng yang lembut, cara membuat cireng tetap jeras, cara membuat cireng supaya tidak alot, Cara membuat cireng mudah dibentuk, Cara Membuat Cireng Isi Agar Tidak Alot, cara membuat cireng goreng pakai sagu atau tapioka, cara membuat cireng goreng, cara membuat cireng crispy dan bumbunya, cara membuat cireng chrispi, Cara membuat cireng bisa awet dan bisa digoreng kapanpun, cara membuat cireng bentuk, cara membuat cireng yg crispy, cara membuat cireng yng lembut, cireng dingin keras, Cireng dingin alot keras, cireng biar tidak keras, cireng bentuk bemtuk rersep, cireng agar tidak alot, cara tepat membuat cireng, cara rahasia membuat adonan cireng yang lembut dan crispi, cara rahasia cireng tidak alot, cara mengisi cireng isi, cara mencetak cireng, cara menbuat adonan terigu supaya tidak keras, cara membuat gorengan aci, cara membuat cireng agar tidak lembek

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Baca Jugaclose