Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, tips membuat cireng agar tidak keras, kenapa cireng keras, agar cireng tidak keras, resep cireng yang lembut, cara membuat cireng crispy, cara membuat cireng agar tidak alot, Resep rahasia cireng, agar cireng tidak alot, Rahasia Cireng, cireng crispy, resep cireng lembut, cara membuat cireng lembut, resep cireng tidak alot, cara agar tepung terigu tidak cepat lembek pd gorengan, tips agar cireng tidak keras, tips cireng tidak keras, cireng keras, jenis jenis cireng, resep cireng agar tidak keras, resep cireng perbandingan tepung kanji, supaya cireng tidak keras, cireng lembut resep, cara membuat cireng supaya tidak keras, Cireng lembut, resep cireng gurih, cara membuat cireng yg lembut, resep cireng supaya tidak keras, cireng alot, cara membuat cireng yang tidak alot, Tips agar cireng tidak lembek saat dingin, guna santan pada pembuatan cireng, pengalaman cireng, mengatasi cireng yang keras, kenapa cireng gk bisa dibentuk, perlukah adonan kulit cireng menggunakan santan, perbandingan aci dan terigu cireng isi, tips agar cireng tidak keras dan alot, adonan aci dgoreng biar gak lembek gimana, tips agar cireng krispi, resep cireng dari tepung sagu agar tidak keras, resep cireng agar renyah dan tak alot, penyebab cireng isi keras, perbandingan aci dan tapioka membuat cireng, perbedaan tepung terigu dan kanji tekstur, resep cireng agar merekah, resep cireng agar crispy, Membuat cireng krispi, perbandingan tepung kanji dan terigu saat membuat cireng agar tidak keras, resep cireng bedanya pake terigu dan tdk pake terigu, membuat cireng agar tidak keras dimakan, membuat cireng gagal, resep cireng biar awet, resep cireng biar tidak keras, mengapa cireng alot, memilih sagu yang tepat untuk membuat cireng crispy modern, resep cireng bedanya pake terigu dan tidak, perbandingan sagu terigu cireng, resep cimol agar tidak keras, rahasia bikin cireng, permasalahan membuat cireng, rahasia cireng renyah lembut, rahasia cireng lembut, rahasia adonan cireng isi agar tidak alot, rahasia cireng ketia digoreng merekah, rahasia cireng enak, rahasia agar cireng dimakannya krispy, rahasia cara pembuatan cireng, rahasia dan tips membuat cireng, rahasia resep cireng, perbandingan tapioka dan terigu dalam membuat cireng, resep bikin gorengan aci mabkol yng gurih, tips membuat cireng, resep adonan cireng yang lembut, resep adonan cireng crispy, perbandingan tepung terigu dan tepung sagu untuk cireng, resep adonan biar tidak alot, rahasiah bikin cireng yang enak, rahasia resep cireng yang tidak keras, Rahasia bikin cirenG biar krispY apa ya?, www resep agar cireng ga alot, tips cara bikin cirwng lembut, tips buat cireng empuk kalau dingin tidak keras, tips bikin cireng agar tidam, tips bikin cireng agar tak gagal, tips anti gagal buat cireng, tips agar cireng tidak keras saat dingin, tips agar cireng tetap awet, tips agar cireng jadi crispy, tips agar cireng gurih, tepung untuk cireng, tepung tapioka agar tidak alot, Tepung sagu bisa buat adonan cireng tidak, tips cara buat cireng krispi, Tips cara membuat cimol agar tidak pecah pecah, tips membentuk adonan cireng, www agar cireng tidak alot, trik membuat cireng supaya tidak keras dan alot, trik agar cireng mudah dibentuk, trik agar cireng awet, tkaran adonan cireng yg pas, tipsdan trik membuat cireng supaya tdk keras dan alot, tipsagarcirengrenyahtidaklembek, tips membuat cireng supaya tidak alot, tips membuat cireng lembut, tips membuat cireng agar tidak keras saat dingin, tips membuat cireng agar tidak alot, tips membuat cireng agar tidak, Tepung pati yg tidak keras apabila dingin, supaya cireng tetap enak di kemasan, supaya cireng tdk cepat lemas, resep cireng tidak alot saat dingin, resep cireng tekstur lembek, resep cireng tapioka, resep cireng supaya gak alot kalo digigit, resep cireng sagu aren lebih lembut, resep cireng paling enak, resep cireng mudah, resep cireng merekah, resep cireng lembut cryspy, resep cireng isi agar tidak keras, resep cireng enak tidak keras, resep Cireng enak dan lembut, resep cireng yang tidak lembek dan berminyak, resep gorengan dari tepung sagu, Resep gorengan supaya tidak cepat alot, sulitnya membuat adonan cireng, sebab adonan cireng keras, resepmembuatcimolagartidakpecahsaatdigoreng, Resep ysng membuat cireng jadi crispy, resep rahasia gorengan, resep membuat cireng yang lembut, resep membuat cireng merekah, resep membuat cireng crispy, resep membuat cireng bisa di bentuk, resep membuat cireng biar ga alot, resep mbah google, resep lepek sagu, resep cireng empuk anti gagal, cara membuat cireng agar tidak cepat keras, cara bikin cimol biar tidak keras kalau dingin, cara biar cireng tidak keras, cara agar cireng tidak alot, cara agar aci setelah di goreng tidak cepat keras, buat cireng tidak alot, buat cireng biar gak alot, buat cireng agar tidak alot, bntuk adonan cireng, bisa gk bikin cireng pakai sagu, bisa gak bikin cireng paai tepung sagu, bikin kulit cireng gimana ya, Bikin cireng supaya tidak pecah, bikin cireng pake tepung kanji ato tepung sagu?, cara bikin cireng empuk, cara bikin cireng krispi dan cimol, Cara membuat cimol biar ga alot, cara membuat adonan yang tidak mudah pecah dan sangat elastis, cara membuat adonan tepung kanji, cara cireng gurih, cara buat gorengan sagu agar tidak alot, cara buat cireng gak alot, cara buat cireng biar gak lembek, cara buat cireng agar tidak alot saat sudah dingin, cara buat cireng agar sedikit keras setelah di goreng, cara buat cireng agar keras, cara bikin cireng supaya tidak cepat keras, cara bikin cireng supaya gak lepek, cara bikin cireng lembut, bikin cireng pakai terigu, biar cireng tidak keras atau alot, biar adonan cireng tidak pecah saat dibentuk, agar cireng tdk mudah alot, agar cireng lembut, agar cireng bisa crispy, agar cireng awet, agar adonan cireng empuk ketika di makan, agar aci tidak alot, agak cireng tidak keras, adonan kanji, adonan gorengan biar rental, adonan cireng yang pas, adonan cireng melumer kenapa?, adonan cireng isi yang tidak alot, adonan biar ga keras, agar cireng tidak keras saat dingin, agar cireng tidak lembek saat dingin, BHAN terigu khusus cireng, beda kanji dg tapioka pada gorengan, bahan yg digunakan untuk bikin cireng crispy, Bahan adonan cireng yang awet, Bagus mana tepung tapioka dan sagu untuk bikin cireng, bagaimana caranya supaya tepung kanji tidak keras, bagaimana caranya agar cireng menjadi keras, bagaimana caranya agar adonan lembek, bagaimana cara membuat cireng yang lembut, bagaimana cara cireng biar crispy, apa penyebab saat menjadi keras dan alot, apa penyebab cireng menjadi alot, agar cireng tidak liat seperti lem, adonan aci lembek saat buat cireng, membuat cimol agar tidak keras, gimana agar cireng tidak keras, gagal membuat adonan cireng, cra membuat agar agar biar lembut dan keras, cireng yang bisa dibentuk, cireng terlalu molor kenapa ya, cireng supaya tidak terlalu alot, cireng supaya ga alot, cireng pake tepung terigu biar apa ya?, cireng pake tapioka atau sagu, cireng pakai sagu asli, cireng keras pakai apa, cireng keras kenapa, cireng isi gurih, gimana caranya biar cireng jd cryspi, gimana kalau cimol sudah dingin apa gak keras, membuat adonan agar aci tidak pecah, membuat aci crispy, Kulit cireng pecah, komposisi sagu dengan terigu biar gorengan tidaj alot keras, kenapa membuat cimol selalu keras, kenapa adonan cireng jadi keras, kalau adonan cireng keras lalu bagaimana, jenis tepung dan sagu untuk cireng, jenis sagu untuk cireng, guna santan dlm membuat cireng isi, gorengan tepung terigu kanji di kuah pecah, goreng cireng ngk pecah, goreng aci supaya krispi, cireng gurih nggak alot, cireng ga alot, cireng dingin keras, cara membuat cireng yang lembut dimakan, cara membuat cireng yang lembut, cara membuat cireng tetap jeras, cara membuat cireng supaya tidak alot, cara membuat cireng spy tdk lembek, Cara membuat cireng mudah dibentuk, Cara Membuat Cireng Isi Agar Tidak Alot, cara membuat cireng goreng pakai sagu atau tapioka, cara membuat cireng goreng, cara membuat cireng crispy dan bumbunya, cara membuat cireng chrispi, Cara membuat cireng bisa awet dan bisa digoreng kapanpun, cara membuat cireng bentuk, cara membuat cireng yg crispy, cara membuat cireng yng lembut, Cireng dingin alot keras, cireng biar tidak keras, cireng biar gampang dibentuk gmn y, cireng bentuk bemtuk rersep, cireng agar tidak alot, cari resep membuat cireng karakter, cara tepat membuat cireng, cara rahasia membuat adonan cireng yang lembut dan crispi, cara rahasia cireng tidak alot, cara mengisi cireng isi, cara mencetak cireng, cara menbuat adonan terigu supaya tidak keras, cara membuat gorengan aci, cara membuat cireng agar tidak lembek

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Baca Jugaclose