.

Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, agar cireng tidak keras, kenapa cireng keras, tips membuat cireng agar tidak keras, resep cireng yang lembut, cara membuat cireng crispy, resep cireng lembut, cara membuat cireng agar tidak alot, Bikin adonan cireng, resep cireng tidak alot, Resep rahasia cireng, tips agar cireng tidak keras, Rahasia Cireng, agar cireng tidak alot, tips cireng tidak keras, cara membuat cireng lembut, kenapa cireng keras?, cara membuat cireng yang lembut, resep cireng supaya tidak keras, resep cireng empuk tidak alot, jenis jenis cireng, resep cireng perbandingan tepung kanji, cara agar tepung terigu tidak cepat lembek pd gorengan, rahasia resep cireng, cara membuat cireng supaya tidak keras, guna santan pada pembuatan cireng, cara membuat cireng yang tidak alot, resep cireng agar tidak alot, resep cireng merekah, resep agar gorengan tidak lembek saat dingin, cara membuat adonan tepung kanji, mengatasi cireng yang keras, gagal bikin cireng, Tips agar cireng tidak lembek saat dingin, gorengan dari sagu, rahasia cireng empuk, agar cireng tidak liat, tips membuat cireng tidak alot dan enak, adonan aci dgoreng biar gak lembek gimana, Cireng lembut, penyebab cireng isi keras, rahasia cireng lembut, resep cireng agar merekah, penyebab cireng bantet, rahasia cireng lembut dan renyah, membuat makanan awet dari tepung kanji, membuat cireng sagu direbus, Membuat cireng krispi, Resep cireng agar tidak keras, resep cireng agar crispy, resep cimol supaya tidak lembek com, resep cimol agar tidak keras, rahasia cireng renyah lembut, rahasia cireng enak, rahasiah bikin cireng yang enak, rahasia cara pembuatan cireng, rahasia agar cireng tetap empuk, rahasia agar cireng dimakannya krispy, resep adonan cireng yang lembut, permasalahan membuat cireng, resep cimol, Perbandingan tepung untuk cireng, perbandingan tepung terigu dan tepung sagu untuk cireng, perbandingan aci dan tapioka membuat cireng, resep cireng agar renyah dan tak alot, Untuk membuat cireng lebih baik menggunakan tepung sagu atau tepung kanji ya?, tips bikin cireng agar tidam, tips agar cireng tidak keras saat dingin, tips agar cireng tetap awet, tips agar cireng jadi crispy, tips agar cimol tetap renyah, tepung tapioka agar tidak alot, tepung sagu yang bagus untuk membuat cireng, Tepung pati yg tidak keras apabila dingin, tips buat cireng empuk kalau dingin tidak keras, tips cara buat cireng krispi, Tips cara membuat cimol agar tidak pecah pecah, untuk cireng tepung sagu atau tapioka?, trik membuat cireng supaya tidak keras dan alot, trik agar cireng mudah dibentuk, trik agar cireng awet, tipsdan trik membuat cireng supaya tdk keras dan alot, tips membuat cireng agar tidak keras saat dingin, tips membuat cireng agar tidak alot, tips membuat cireng, supaya cireng tetap enak di kemasan, supaya cireng tdk cepat lemas, resep cireng enak tidak keras, www tips bikin gorengan agar tk mudah lembek saat dingin com, resep Cireng enak dan lembut, resep cireng enak, resep cireng empuk, resep cireng dari tepung sagu agar tidak keras, resep cireng biar tidak keras, resep cireng biar awet, resep cireng kripsi lembut, resep cireng mudah, resep cireng sagu aren lebih lembut, sulit dibentuk cireng isi, resep supaya gorengan renyah merekah, resep rahasia cireng bisa kriwil, resep membuat cireng merekah, resep membuat cireng lrmbut gurih, resep lepek sagu, resep cireng tekstur lembek, resep cireng supaya gak alot kalo digigit, resep cireng agar tidak mudah lemes, cara buat cireng yg lembut, bisa gk bikin cireng pakai sagu, bisa gak bikin cireng paai tepung sagu, bikin kulit cireng gimana ya, bikin gorengan biar terigunya lebut, bikin cireng renyah, bikin cireng pake tepung kanji ato tepung sagu?, bikin cireng gmn y?, bikin cireng gagal keempukan, bikin cireng empuk krispy, buat cireng supaya tidak keras, buat cireng tidak alot, cara buat cireng gak alot, cara buat cireng agar keras, cara bikin cireng supaya tidak cepat keras, cara bikin cireng krispi dan cimol, cara bikin cireng empuk, cara bikin cimol biar tidak keras kalau dingin, cara agar cireng tidak alot, cara agar aci setelah di goreng tidak cepat keras, bumbu rahasia cireng crispy, BHAN terigu khusus cireng, Bentuk adonan cireng isi, adonan tapioka biar tidak alot, adonan kanji, adonan gorengan supaya tidak lembek, adonan cireng yang pas, adonan cireng yang bisa dibentuk namun tidak alot saat dingin, adonan cireng sulit dibentuk, Adonan cireng isi agar tidak gampang pecah, adonan biar ga keras, adonan aci lembek saat buat cireng, agar adonan cireng empuk ketika di makan, Agar adonan tepung bisa di bentuk, bahan dasar cireng jakarta, Bahan adonan cireng yang awet, Bagus mana tepung tapioka dan sagu untuk bikin cireng, bagaimana caranya supaya tepung kanji tidak keras, bagaimana caranya agar cireng menjadi keras, bagaimana agar cireng tidak keras, bagaimana agar adonan yg baik agar cireng tidak keras, agar kue tidak keras saat dingin, agar cireng tidak liat seperti lem, aci tidak pake santan tapi empuk dan tidak alot, membuat cireng gagal, cirengnya alot, cireng tidak alot, cireng pake tepung terigu biar apa ya?, cireng pake tapioka atau sagu, cireng keras pakai apa, cireng isi biar tidak alot, cireng gurih nggak alot, cireng empuk dingin, cireng dingin keras, gimana kalau cimol sudah dingin apa gak keras, goreng aci supaya krispi, komposisi sagu dengan terigu biar gorengan tidaj alot keras, komposisi cireng crispy, kenapa membuat cimol selalu keras, kenapa adonan cireng jadi keras, kalau adonan cireng keras lalu bagaimana, jenis cireng, cara menggoreng cireng yang sudah jadi agar tidak keras, guna santan dlm membuat cireng isi, gorengan dari sagu enak, cireng cryspi gak gagal, cireng biar gampang dibentuk gmn y, cara membuat cireng goreng pakai sagu atau tapioka, cara membuat cireng goreng, cara membuat cireng crispy dan bumbunya, cara membuat cireng cripy yg benar, cara membuat cireng biar enak, cara membuat cireng bentuk, cara membuat cireng agar tidak lembek, Cara membuat cimol biar ga alot, cara membuat adonan yang tidak mudah pecah dan sangat elastis, cara membuat cireng spy tdk lembek, cara membuat cireng yang empuk garing, cireng bentuk bemtuk rersep, cireng bentuk, cireng agar tidak alot, cari resep membuat cireng karakter, cara rahasia cireng tidak alot, cara membuat gorengan aci, cara membuat cireng yg lembut tidak alot, cara membuat cireng yg crispy, cara membuat cireng yang lembut dimakan, cara buat gorengan sagu agar tidak alot

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Jugaclose