.

Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, tips membuat cireng agar tidak keras, agar cireng tidak keras, kenapa cireng keras, cara membuat cireng crispy, resep cireng yang lembut, cara membuat cireng agar tidak alot, Bikin adonan cireng, Resep rahasia cireng, resep cireng lembut, resep cireng tidak alot, agar cireng tidak alot, Rahasia Cireng, cara membuat cireng lembut, resep cireng supaya tidak keras, cara agar tepung terigu tidak cepat lembek pd gorengan, tips agar cireng tidak keras, resep cireng perbandingan tepung kanji, tips cireng tidak keras, jenis jenis cireng, resep cireng gurih, cara membuat cireng yang tidak alot, mengatasi cireng yang keras, kenapa cireng gk bisa dibentuk, Cireng lembut, guna santan pada pembuatan cireng, tips membuat cireng tidak alot dan enak, Tips agar cireng tidak lembek saat dingin, perlukah adonan kulit cireng menggunakan santan, cara membuat cireng supaya tidak keras, adonan aci dgoreng biar gak lembek gimana, resep cireng agar renyah dan tak alot, resep cireng enak, resep cireng agar merekah, resep cireng biar tidak keras, resep cireng agar tidak mudah lemes, resep cireng empuk anti gagal, resep cireng bedanya pake terigu dan tdk pake terigu, resep cireng bedanya pake terigu dan tidak, resep cireng dari tepung sagu agar tidak keras, resep cireng biar awet, resep cireng agar tidak alot, resep cireng agar crispy, rahasia agar cireng tetap empuk, rahasia agar cireng dimakannya krispy, permasalahan membuat cireng, membuat cimol agar tidak keras, Perbandingan tepung untuk cireng, perbandingan tepung terigu dan tepung sagu untuk cireng, perbandingan sagu terigu cireng, perbandingan aci dan tapioka membuat cireng, penyebab cireng isi keras, memilih sagu yang tepat untuk membuat cireng crispy modern, Membuat cireng krispi, rahasia bikin cireng, rahasia cara pembuatan cireng, rahasia cireng enak, resep cimol supaya tidak lembek com, resep cimol agar tidak keras, resep cimol, resep adonan cireng yang lembut, resep adonan cireng crispy, resep adonan biar tidak alot, rahasiah bikin cireng yang enak, rahasia resep cireng, rahasia dan tips membuat cireng, rahasia cireng renyah lembut, rahasia cireng lembut, membuat cireng gagal, www tips bikin gorengan agar tk mudah lembek saat dingin com, tips membuat cireng agar tidak alot, tips membuat cireng, tips membentuk adonan cireng, Tips cara membuat cimol agar tidak pecah pecah, tips cara buat cireng krispi, tips buat cireng empuk kalau dingin tidak keras, tips bikin cireng agar tidam, tips bikin cireng agar tak gagal, tips anti gagal buat cireng, tips agar cireng tidak keras saat dingin, tips agar cireng tetap awet, tips membuat cireng agar tidak keras saat dingin, tips membuat cireng lembut, www resep agar cireng ga alot, www agar cireng tidak alot, Untuk membuat cireng lebih baik menggunakan tepung sagu atau tepung kanji ya?, untuk cireng tepung sagu atau tapioka?, trik membuat cireng supaya tidak keras dan alot, trik agar cireng mudah dibentuk, trik agar cireng awet, tkaran adonan cireng yg pas, tipsdan trik membuat cireng supaya tdk keras dan alot, tipsagarcirengrenyahtidaklembek, tips membuat cireng supaya tidak alot, tips agar cireng jadi crispy, tips agar cireng gurih, tepung tapioka agar tidak alot, resep cireng yang tidak lembek dan berminyak, resep cireng tidak alot saat dingin, resep cireng tekstur lembek, resep cireng supaya gak alot kalo digigit, resep cireng sagu aren lebih lembut, resep cireng paling enak, resep membuat cireng bisa di bentuk, resep cireng mudah, resep cireng merekah, resep cireng isi agar tidak keras, resep cireng enak tidak keras, resep gorengan dari tepung sagu, Resep gorengan supaya tidak cepat alot, Tepung pati yg tidak keras apabila dingin, supaya cireng tetap enak di kemasan, supaya cireng tdk cepat lemas, sebab adonan cireng keras, Resep ysng membuat cireng jadi crispy, resep rahasia gorengan, resep rahasia cireng bisa kriwil, resep membuat cireng yang lembut, resep membuat cireng merekah, resep membuat cireng lrmbut gurih, resep lepek sagu, resep Cireng enak dan lembut, membuat adonan agar aci tidak pecah, cara buat cireng agar sedikit keras setelah di goreng, bikin kulit cireng gimana ya, Bikin cireng supaya tidak pecah, bikin cireng renyah, bikin cireng pake tepung kanji ato tepung sagu?, bikin cireng pakai terigu, bikin cireng gagal keempukan, bikin cireng empuk krispy, biar cireng tidak keras atau alot, biar adonan cireng tidak pecah saat dibentuk, BHAN terigu khusus cireng, beda kanji dg tapioka pada gorengan, bisa gak bikin cireng paai tepung sagu, bisa gk bikin cireng pakai sagu, bntuk adonan cireng, cara buat cireng agar keras, cara bikin cireng supaya tidak cepat keras, cara bikin cireng supaya gak lepek, cara bikin cireng krispi dan cimol, cara bikin cireng empuk, cara bikin cimol biar tidak keras kalau dingin, cara agar cireng tidak alot, cara agar aci setelah di goreng tidak cepat keras, bumbu rahasia cireng crispy, buat cireng tidak alot, buat cireng biar gak alot, bahan yg digunakan untuk bikin cireng crispy, Bahan adonan cireng yang awet, agar adonan cireng empuk ketika di makan, agak cireng tidak keras, adonan tapioka biar tidak alot, adonan kanji, adonan gorengan supaya tidak lembek, adonan cireng yang pas, adonan cireng sulit dibentuk, adonan cireng melumer kenapa?, adonan cireng isi yang tidak alot, adonan biar ga keras, adonan aci lembek saat buat cireng, agar cireng awet, agar cireng bisa crispy, agar cireng lembut, Bagus mana tepung tapioka dan sagu untuk bikin cireng, bagaimana caranya supaya tepung kanji tidak keras, bagaimana caranya agar cireng menjadi keras, bagaimana cara membuat cireng yang lembut, bagaimana agar cireng tidak keras, bagaimana agar adonan yg baik agar cireng tidak keras, apa penyebab saat menjadi keras dan alot, apa penyebab cireng menjadi alot, agar cireng tidak liat seperti lem, agar cireng tidak lembek saat dingin, agar cireng tdk mudah alot, aci tidak pake santan tapi empuk dan tidak alot, cara buat cireng biar gak lembek, komposisi sagu dengan terigu biar gorengan tidaj alot keras, cirengnya alot, cireng yang bisa dibentuk, cireng tidak alot, cireng supaya ga alot, cireng pake tepung terigu biar apa ya?, cireng pake tapioka atau sagu, cireng pakai sagu asli, cireng keras pakai apa, cireng keras kenapa, cireng isi gurih, cireng gurih nggak alot, cra membuat agar agar biar lembut dan keras, gimana caranya biar cireng jd cryspi, gimana kalau cimol sudah dingin apa gak keras, komposisi cireng crispy, kenapa membuat cimol selalu keras, kenapa adonan cireng jadi keras, kalau adonan cireng keras lalu bagaimana, cara rahasia cireng tidak alot, jenis cireng, guna santan dlm membuat cireng isi, gorengan tepung terigu kanji di kuah pecah, gorengan dari sagu enak, goreng cireng ngk pecah, goreng aci supaya krispi, cireng ga alot, cireng dingin keras, cara membuat cireng crispy dan bumbunya, cara membuat cireng cripy yg benar, cara membuat cireng chrispi, cara membuat cireng biar enak, cara membuat cireng bentuk, cara membuat cireng agar tidak lembek, Cara membuat cimol biar ga alot, cara membuat adonan yang tidak mudah pecah dan sangat elastis, cara membuat adonan tepung kanji, cara buat gorengan sagu agar tidak alot, cara buat cireng yg lembut, cara membuat cireng goreng, cara membuat cireng goreng pakai sagu atau tapioka, Cara Membuat Cireng Isi Agar Tidak Alot, cireng biar gampang dibentuk gmn y, cireng bentuk bemtuk rersep, cireng agar tidak alot, cari resep membuat cireng karakter, cara menggoreng cireng yang sudah jadi agar tidak keras, cara membuat gorengan aci, cara membuat cireng yng lembut, cara membuat cireng yg crispy, cara membuat cireng yang lembut dimakan, cara membuat cireng yang lembut, cara membuat cireng spy tdk lembek, cara buat cireng gak alot

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Jugaclose