Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, tips membuat cireng agar tidak keras, agar cireng tidak keras, kenapa cireng keras, resep cireng yang lembut, cara membuat cireng crispy, cara membuat cireng agar tidak alot, Resep rahasia cireng, agar cireng tidak alot, cireng crispy, resep cireng tidak alot, resep cireng lembut, Rahasia Cireng, cara membuat cireng lembut, cireng keras, tips agar cireng tidak keras, cara agar tepung terigu tidak cepat lembek pd gorengan, tips cireng tidak keras, resep cireng perbandingan tepung kanji, jenis jenis cireng, resep cireng agar tidak keras, Cireng lembut, cara membuat cireng supaya tidak keras, supaya cireng tidak keras, resep cireng gurih, resep cireng supaya tidak keras, cara membuat cireng yang tidak alot, cara membuat cireng yg lembut, cireng alot, cireng lembut resep, tips agar cireng tidak keras dan alot, perbandingan aci dan terigu cireng isi, guna santan pada pembuatan cireng, pengalaman cireng, mengatasi cireng yang keras, adonan aci dgoreng biar gak lembek gimana, kenapa cireng gk bisa dibentuk, perlukah adonan kulit cireng menggunakan santan, Tips agar cireng tidak lembek saat dingin, tips agar cireng krispi, resep cireng bedanya pake terigu dan tdk pake terigu, resep cireng agar crispy, resep cireng agar tidak mudah lemes, perbandingan aci dan tapioka membuat cireng, resep cireng agar merekah, resep cireng agar renyah dan tak alot, penyebab cireng isi keras, membuat cimol agar tidak keras, resep cireng agar tidak alot, membuat cireng agar tidak keras dimakan, mengapa cireng alot, rahasia cireng enak, resep cireng biar awet, Membuat cireng krispi, resep cireng bedanya pake terigu dan tidak, membuat cireng gagal, memilih sagu yang tepat untuk membuat cireng crispy modern, resep cimol agar tidak keras, perbandingan sagu terigu cireng, rahasia dan tips membuat cireng, rahasia cireng renyah lembut, rahasia cireng lembut, rahasia cireng ketia digoreng merekah, permasalahan membuat cireng, rahasia agar cireng dimakannya krispy, rahasia adonan cireng isi agar tidak alot, rahasia cara pembuatan cireng, Rahasia bikin cirenG biar krispY apa ya?, perbedaan tepung terigu dan kanji tekstur, Perbandingan tepung untuk cireng, rahasia resep cireng, resep bikin gorengan aci mabkol yng gurih, resep adonan cireng yang lembut, resep adonan cireng crispy, perbandingan tapioka dan terigu dalam membuat cireng, perbandingan tepung kanji dan terigu saat membuat cireng agar tidak keras, resep adonan biar tidak alot, rahasiah bikin cireng yang enak, rahasia resep cireng yang tidak keras, perbandingan tepung terigu dan tepung sagu untuk cireng, rahasia bikin cireng, resep cireng biar tidak keras, www resep agar cireng ga alot, Tips cara membuat cimol agar tidak pecah pecah, tips cara buat cireng krispi, tips cara bikin cirwng lembut, tips buat cireng empuk kalau dingin tidak keras, tips bikin cireng agar tidam, tips bikin cireng agar tak gagal, tips anti gagal buat cireng, tips agar cireng tidak keras saat dingin, tips agar cireng tetap awet, tips agar cireng jadi crispy, tips agar cireng gurih, tepung untuk cireng, tepung tapioka agar tidak alot, tips membentuk adonan cireng, tips membuat cireng, www agar cireng tidak alot, Untuk membuat cireng lebih baik menggunakan tepung sagu atau tepung kanji ya?, trik membuat cireng supaya tidak keras dan alot, trik agar cireng mudah dibentuk, trik agar cireng awet, tkaran adonan cireng yg pas, tipsdan trik membuat cireng supaya tdk keras dan alot, tipsagarcirengrenyahtidaklembek, tips membuat cireng supaya tidak alot, tips membuat cireng lembut, tips membuat cireng agar tidak keras saat dingin, tips membuat cireng agar tidak alot, tips membuat cireng agar tidak, Tepung sagu bisa buat adonan cireng tidak, Tepung pati yg tidak keras apabila dingin, supaya cireng tetap enak di kemasan, resep cireng yang tidak lembek dan berminyak, resep cireng tidak alot saat dingin, resep cireng tekstur lembek, resep cireng supaya gak alot kalo digigit, resep cireng sagu aren lebih lembut, resep cireng paling enak, resep cireng mudah, resep cireng merekah, resep cireng lembut cryspy, resep cireng isi agar tidak keras, resep cireng enak tidak keras, resep Cireng enak dan lembut, resep cireng empuk anti gagal, resep gorengan dari tepung sagu, Resep gorengan supaya tidak cepat alot, supaya cireng tdk cepat lemas, sulitnya membuat adonan cireng, sebab adonan cireng keras, resepmembuatcimolagartidakpecahsaatdigoreng, Resep ysng membuat cireng jadi crispy, resep rahasia gorengan, resep membuat cireng yang lembut, resep membuat cireng merekah, resep membuat cireng crispy, resep membuat cireng bisa di bentuk, resep membuat cireng biar ga alot, resep mbah google, resep lepek sagu, resep cireng dari tepung sagu agar tidak keras, membuat adonan agar aci tidak pecah, cara membuat adonan yang tidak mudah pecah dan sangat elastis, cara agar cireng tidak alot, cara agar aci setelah di goreng tidak cepat keras, buat cireng tidak alot, buat cireng biar gak alot, buat cireng agar tidak alot, bntuk adonan cireng, bisa gk bikin cireng pakai sagu, bisa gak bikin cireng paai tepung sagu, bikin kulit cireng gimana ya, Bikin cireng supaya tidak pecah, bikin cireng pake tepung kanji ato tepung sagu?, bikin cireng pakai terigu, bikin cireng gagal keempukan, cara biar cireng tidak keras, cara bikin cimol biar tidak keras kalau dingin, cara bikin cireng empuk, cara membuat adonan tepung kanji, cara cireng gurih, cara buat gorengan sagu agar tidak alot, cara buat cireng yg lembut, cara buat cireng gak alot, cara buat cireng biar gak lembek, cara buat cireng agar tidak alot saat sudah dingin, cara buat cireng agar sedikit keras setelah di goreng, cara buat cireng agar keras, cara bikin cireng supaya tidak cepat keras, cara bikin cireng supaya gak lepek, cara bikin cireng lembut, cara bikin cireng krispi dan cimol, biar cireng tidak keras atau alot, biar adonan cireng tidak pecah saat dibentuk, BHAN terigu khusus cireng, agar cireng lembut, agar cireng bisa crispy, agar cireng awet, agar adonan cireng empuk ketika di makan, agar aci tidak alot, agak cireng tidak keras, adonan kanji, adonan gorengan biar rental, adonan cireng yang pas, adonan cireng sulit dibentuk, adonan cireng melumer kenapa?, adonan cireng isi yang tidak alot, adonan biar ga keras, agar cireng tdk mudah alot, agar cireng tidak keras saat dingin, agar cireng tidak lembek saat dingin, beda kanji dg tapioka pada gorengan, bahan yg digunakan untuk bikin cireng crispy, Bahan adonan cireng yang awet, Bagus mana tepung tapioka dan sagu untuk bikin cireng, bagaimana caranya supaya tepung kanji tidak keras, bagaimana caranya agar cireng menjadi keras, bagaimana caranya agar adonan lembek, bagaimana cara membuat cireng yang lembut, bagaimana cara cireng biar crispy, bagaimana agar adonan yg baik agar cireng tidak keras, apa penyebab saat menjadi keras dan alot, apa penyebab cireng menjadi alot, agar cireng tidak liat seperti lem, adonan aci lembek saat buat cireng, membuat aci crispy, cra membuat agar agar biar lembut dan keras, cireng yang bisa dibentuk, cireng terlalu molor kenapa ya, cireng supaya tidak terlalu alot, cireng supaya ga alot, cireng pake tepung terigu biar apa ya?, cireng pake tapioka atau sagu, cireng pakai sagu asli, cireng keras pakai apa, cireng keras kenapa, cireng isi gurih, cireng gurih nggak alot, cireng ga alot, gagal membuat adonan cireng, gimana agar cireng tidak keras, gimana caranya biar cireng jd cryspi, Kulit cireng pecah, komposisi sagu dengan terigu biar gorengan tidaj alot keras, kenapa membuat cimol selalu keras, kenapa adonan cireng jadi keras, kalau adonan cireng keras lalu bagaimana, jenis tepung dan sagu untuk cireng, jenis sagu untuk cireng, jenis cireng, guna santan dlm membuat cireng isi, gorengan tepung terigu kanji di kuah pecah, goreng cireng ngk pecah, goreng aci supaya krispi, gimana kalau cimol sudah dingin apa gak keras, cireng dingin keras, Cireng dingin alot keras, cireng biar tidak keras, cara membuat cireng supaya tidak alot, cara membuat cireng spy tdk lembek, Cara membuat cireng mudah dibentuk, Cara Membuat Cireng Isi Agar Tidak Alot, cara membuat cireng goreng pakai sagu atau tapioka, cara membuat cireng goreng, cara membuat cireng crispy dan bumbunya, cara membuat cireng cripy yg benar, cara membuat cireng chrispi, Cara membuat cireng bisa awet dan bisa digoreng kapanpun, cara membuat cireng bentuk, cara membuat cireng agar tidak lembek, cara membuat cireng agar tidak cepat keras, cara membuat cireng tetap jeras, cara membuat cireng yang lembut, cara membuat cireng yang lembut dimakan, cireng biar gampang dibentuk gmn y, cireng bentuk bemtuk rersep, cireng agar tidak alot, cari resep membuat cireng karakter, cara tepat membuat cireng, cara rahasia membuat adonan cireng yang lembut dan crispi, cara rahasia cireng tidak alot, cara mengisi cireng isi, cara mencetak cireng, cara menbuat adonan terigu supaya tidak keras, cara membuat gorengan aci, cara membuat cireng yng lembut, cara membuat cireng yg crispy, Cara membuat cimol biar ga alot

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Baca Jugaclose